Iklan Baris
Info Lowongan Kerja
Suara Pembaca
01.29

Perturi Berharap Media Elektronik

Sisipkan Bahasa Isyarat


SIDOARJO, kabarlucu.com – Persatuan Tuna Rungu Indonesia (Perturi) Jawa Timur berharap, media elektronik mensisipkan bahasa isyarat bagi orang-orang berkebutuhan khusus (tuna rungu). Hal ini disampaikan penasihat Perturi Jawa Timur, Drh H Arief Mardiyanto, dalam acara Temu Regional Tuna Rungu Jatim dengan tema Reaktualisasi Gerakan Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia yang berlangsung di Sekretariat Perturi Cabang Sidoarjo, Minggu (21/11) siang.

“Seperti yang pernah dilakukan TVRI pada tahun 90-an. Saat itu TVRI menyiarkan berita (acara Siaran Berita Nasional dan Dunia Dalam Berita, red) dengan menampilkan bahasa isyarat. Sehingga para penyandang tuna runggu dapat mengakses informasi. Penyandang tuna rungu juga manusia yang sangat membutuhkan informasi,” papar Arief dihadapan sekitar 250 anggota Perturi Jatim.

Selain sebagai penasihat Perturi Jatim, Arief juga dikenal sebagai Direktur Eksekutif Comdev (Community Develoment Centre). “Paling tidak, para penyandang tuna rungu bisa belajar dari informasi-informasi yang ditampilkan oleh media elektronik. Sehingga mereka (penyandang tuna rungu) mampu berkembang dan tidak ketinggalan dengan arus informasi,” tandas Arief.

Selain Arief, dalam acara Temu Regional Tuna Rungu Jatim kali ini juga dihadiri Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Pustikdik) Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Drs Ahmadi MPd dan Ketua Pengurus Badan Pembina Olahraga Cacat (BPOC) KONI Sidoarjo Ahmad Muhzayin.

Dalam kesempatan itu, Ahmadi menerangkan bahwa di dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 semua warga negara Indonesia mempunyai hak untuk mengenyam pendidikan, termasuk bagi orang-orang yang berkebutuhan khusus seperti tuna rungu ini.

“Di era otonomi daerah, semua lembaga pendidikan umum dan SLB (Sekolah Luar Biasa) ditangani oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota (Pemkot). Sedangkan Pemerintah Provinsi hanya bisa memfasilitasi kekurangan yang ada di setiap pemkab/pemkot. Dan Diknas Pemprov Jatim tetap mengedepankan pendidikan bagi semua warga masyarakat,” ungkap Ahmadi.

Diakhir acara, pengurus Perturi Jatim menyerahkan sejumlah bantuan kepada anggota Perturi yang hadir. Bantuan itu diantaranya datang dari Yayasan Pondok Kasih, Komandan Latihan Tempur Marinir (Danlamar) Surabaya, PT Dharma Lautan, PT Tirta Bahagia, PT Sinar Sosro, PT Garuda Food, PT Superindo, dan PJB Service.

“Kami sangat berterima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu terselenggaranya acara ini. Semoga ke depan, acara semacam ini bias memberi manfaat bagi penyandanag tuna runggu, khususnya anggota Perturi Jatim,” tutur Ketua Umum Pengurus Perturi Jatim Abdul Haris Hakim didampingi Ketua Pusat Peturi Surabaya dan Sidoarjo Mirza ari Andriyanto. (sam)

Anda dapat Memberi Komentar, Ide/Saran melalui situs ini.

0 Response to " "

Posting Komentar

Silahkah beri komentar.....
Kata-kata lucu,banyolan, & gaul
Asal jangan!! kata kotor/kasar & SPAM/SAMPAH, Bakal saya hapus tanpa alasan

investigasi
Iklan Baris KabarLucu.Com: Jasa Sep 21, 2010 categories: JasaTitle: Service KomputerMELAYANI SETTING BILLING WARNET,NETWORK,SERVIS KOMPUTER,CPU,LAPTOP,PRINTER... Continue >>
Iklan Baris KabarLucu.Com: Buku Sep 18, 2010 categories: BukuTitle: Resmi Book AgencyMenyediakan bubu-buku Pelajaran SD,SLTP,SMA,SMK,Perguruan... Continue >>
Iklan Baris KabarLucu.Com: Finance Sep 18, 2010 categories: FinanceTitle: Kartu KreditJasa Pembuatan kartu kredit Bank Mega. Syarat :* Fotocopy KTPKhusus wilayah... Continue >>