Iklan Baris
Info Lowongan Kerja
Suara Pembaca
GUNUNG KIDUL, kabarlucu.com

Acara Festival Dalang Anak pada kegiatan Pergelaran Seni Tradisional Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), diikuti peserta termuda dengan usia 6,5 tahun.

Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Gunung Kidul, Eko Sumar Sriwibowo, saat ditemui wartawan Antara di Wonosari, Rabu (22/9/2010), mengatakan salah satu peserta Festival Dalang anak baru berusia 6,5 tahun dengan nama Gina Adiya Nugraha berasal dari Kecamatan Paliyan.

"Festival Dalang Anak ini meliputi dua ketegori. Yaitu kategori pertama untuk dalang usia 14 tahun sampai usia 19 tahun, dan kategori kedua untuk dalang usia 13 sampai usia 7 tahun. Namun ada satu peserta yang masih berusia 6,5 tahun yang dimasukan dalam kategori kedua," katanya pada penutupan Festival Dalang Anak tersebut.

Dia mengatakan, dengan diikutinya peserta yang masih berusia belia tersebut, tentunya dapat menjadi indikasi bahwa minat masyarakat, baik orang tua serta siswa sekolah masih tinggi untuk melestarikan budaya adiluhung pewayangan.

"Keikutsertaan dalang termuda tersebut, menandakan bahwa regenerasi pelaku seni tradisional dapat berlangsung dengan baik. Sehingga kami tidak sia-sia dengan menggelar festival seni tradisional khusus usia muda," katanya.

Gina menerangkan, peserta Festival Dalang Anak ini hanya diikuti oleh 9 anak dari dua kategori. "Jumlah peserta hanya sedikit, namun upaya orang tua untuk menanamkan ketertarikan kepada seni tradisional perlu diberi apresiasi tersendiri. Hal ini karena tidak semua orang tua dapat melakukannya, dan jarang ditemukan anak muda dapat menekuni seni pedalangan,"katanya.

Dari kategori usia 14 tahun sampai usia 19 tahun Festival Dalang Anak yang mendapat juara pertama adalah Alfian Anggara Yekti dari Kecamatan Semanu. Sedangkan kategori usia 7 tahun sampai usia 13 tahun sebagai juara pertama diraih Putra Laksana Tanjung dari Kecamatan Purwosari.

Sementara itu, Kepala Disbudpar Gunung Kidul, Sudodo, dalam sambutan penutupan acara Festival Dalang Anak mengatakan, dunia pedalangan atau seni tradional wayang kulit bukan hanya sebagai tontonan namun dapat dijadikan tuntunan.


"Menekuni dunia pedalangan dapat menanamkan karakter dan kepribadian kepada anak. Karena seni tradisional wayang kulit selain sebagai tontonan, juga dapat menjadi tuntunan dalam setiap lakon yang dimainkan," katanya.(*)
(antaranews.com/klc-1)


Anda dapat Memberi Komentar, Ide/Saran melalui situs ini.

0 Response to "Hebaaaaat Deh... Anak Usia 6,5 Tahun Ikut Festival Dalang"

Posting Komentar

Silahkah beri komentar.....
Kata-kata lucu,banyolan, & gaul
Asal jangan!! kata kotor/kasar & SPAM/SAMPAH, Bakal saya hapus tanpa alasan

investigasi
Iklan Baris KabarLucu.Com: Jasa Sep 21, 2010 categories: JasaTitle: Service KomputerMELAYANI SETTING BILLING WARNET,NETWORK,SERVIS KOMPUTER,CPU,LAPTOP,PRINTER... Continue >>
Iklan Baris KabarLucu.Com: Buku Sep 18, 2010 categories: BukuTitle: Resmi Book AgencyMenyediakan bubu-buku Pelajaran SD,SLTP,SMA,SMK,Perguruan... Continue >>
Iklan Baris KabarLucu.Com: Finance Sep 18, 2010 categories: FinanceTitle: Kartu KreditJasa Pembuatan kartu kredit Bank Mega. Syarat :* Fotocopy KTPKhusus wilayah... Continue >>